belajar dari monyet ketika tersesat di hutan

liansyahliansyah

Paradigma terhadap masyarakat suku pedalaman bagi kebanyakan penduduk urban atau orang dari kota besar mungkin tak banyak berubah. Tertinggal dan primitif. Walau sesungguhnya banyak ilmu yang bisa kita pelajari dari mereka.

Saat tsunami menerjang Aceh beberapa tahun lalu, kearifan lokal yang disebut “Smong” justru menyelamatkan penduduk sebuah pulau di Propinsi Serambi Mekah tersebut. Dan, bukan teknologi nan canggih.

Begitu juga pengetahuan soal alam lainnya. Misalnya saat kita tersesat di hutan tanpa bekal gadget canggih. Apa yang bisa kita lakukan?

Suku pedalaman Talang Mamak di Riau punya cara sendiri yang membuat mereka bisa menjelajah rimba selebat apa pun. Rahasianya adalah belajar dari monyet.

Jika kita kehabisan bekal di tengah hutan, jangan terlalu panik. Suku pedalaman di Riau atau suku pedalaman apa pun yang ada di kawasan hutan belantara di Sumatera memiliki ilmu yang sama untuk bisa bertahan hidup di tengah hutan.

Menurut salah seorang tokoh adat Talang Mamak, Sidam Katak (70)…

Lihat pos aslinya 234 kata lagi

Tentang wisuda

Bagaimana kalian bisa terus hidup jika tidak bergantung kepada alam ? mengejar srata 1 di Fakultas Pertanian Brawijaya Malang :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s