spookhuis/ru­mah setan, Surabaya

Pusaka Jawatimuran

gedung setanYang Lama yang Tinggal Puing. Dulu “Spookhuis” (Rumah Se­tan) di pojok Reiniersz-boulevard (sekarung bernama Jalan Diponegoro) JI.banyuurip, di Surabaya, yang dibangun oleh Kidder J A. Middelkoop, Pe­nguasa di Jawa Bagian Timur di Surabaya antara tahun 18 (H) – 1810, selanjutnya dijual oleh pe­miliknya kepada seorang dok­ter, wargakota Surabaya.

Sejak jaman kolonial belanda dahulu gedung itu memang sudah terkenal di kalangan masyarakat di kota Surabaya sebagai “ru­mah setan” atau “spookhuis”.

Menurut ceritera “ru­mah setan” ini ada dua versi. Versi pertama mengatakan bahwa salah-seorang puteri dari salah-seorang pemilik rumah itu membunuh anak-tirinya, hingga roh dari anak yang dibunuh itu gen­tayangan di sana.

Versi yang kedua mengatakan bahwa salah seorang dari pemi­lik gedung itu adalah seorang bekas budak dalam kapal, yang dipunggungnya ada cap bakarnya. Ia berpesan kepada ke­luarganya supaya bila ia meninggal, jenazahnya jangan sampai dimandikan. Mungkin Keluarga nya itu lupa pesan bekas budak itu dan jenazahnya toh diman­dikan, hingga rohnya gentaya­ngan…

Lihat pos aslinya 73 kata lagi

Tentang wisuda

Bagaimana kalian bisa terus hidup jika tidak bergantung kepada alam ? mengejar srata 1 di Fakultas Pertanian Brawijaya Malang :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s