Ceplukan di Kebunku

Hijau Lamunku

pohon ceplukan

Ceplukan (Physalis angulata) merupakan salah satu tanaman unik yang kusuka. Tanaman ini asli berasal dari Asia Tenggara. Ada dua jenis lain yang kuketahui: Physalis peruviana banyak dibudidayakan di Australia dan Physalis alkekengi yang terdapat di Eropa.

Aku pertama kali tahu tentang tanaman ini saat masih berada di Jogja. Saat itu aku dan beberapa teman membantu dosen kami mengidentifikasi flora yang berada di Kebun Binatang Gembira Loka. Ketika menemukan pohon ceplukan, aku agak heran dengan buahnya yang khas tertutup oleh perbesaran kelopak bunga, seperti lampion. Aku pun coba mencicipi buahnya. Hampir mirip kersen (Muntingia calabura L.), tapi aku masih lebih suka kersen.

Beru-baru ini kehadirannya di kebunku sungguh tak terduga. Pohon semampai (semeter tak sampai) itu sudah berdiri manis dengan buah-buah yang menggantung cantik. Aku tak tahu dari mana asalnya. Seumur aku hidup, aku tak pernah mendapati pohon ceplukan tumbuh di kebunku. Jadi, aku senang sekali.

Lihat pos aslinya 133 kata lagi

Tentang wisuda

Bagaimana kalian bisa terus hidup jika tidak bergantung kepada alam ? mengejar srata 1 di Fakultas Pertanian Brawijaya Malang :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

